cover
Contact Name
Ika Chastanti
Contact Email
Chastanti.ika@gmail.com
Phone
+628116511986
Journal Mail Official
nukleus@ulb.ac.id
Editorial Address
Jalan Sisingamangaraja No.126 A KM 3.5 Aek Tapa, Bakaran Batu, Rantau Selatan, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara 21418
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus
ISSN : 24429481     EISSN : 26857332     DOI : https://doi.org/10.36987/jpbn
Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal elektronik yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan biologi. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Biologidibawah naungan LPPM Universitas Labuhanbatu. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Maret dan September. Jurnal ini menyajikan hasil penelitian dibidang Pendidikan Biologi dan sains Biologi.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2015" : 8 Documents clear
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOPRERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM GERAK DI KELAS VIII IPA MTs SWASTA AL-ULUMUL WAS Nurhakima Ritonga
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2015
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v1i2.1220

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD Dan Jigsaw Pada Materi Pokok Sistem gerak di kelas VIII MTs Swasta Al-ulumul Was
PERBEDAAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE INSIDE OUTSIDE DAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA DI KELAS XI SMA SWASTA KUSUMA BANGSA LONDUT KABUPATEN LABUHANBATU UTARA Arman Harahap
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2015
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v1i2.1225

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan metode kooperatif jigsaw dengan pembelajaran dengan metode Inside Outside pada Kompetensi Dasar sistem pencernaan makanan pada manusia di kelas XI SMA Swasta Kusuma Bangsa Londut. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Swasta Kusuma Bangsa Londut sebagai populasinya. Sampel diambil dua belas yaitu kelas dengan pembelajaran menggunakan metode kooperatif jigsaw sebagai kelas eksperimen dan kelas dengan pembelajaran Inside Outside sebagai kelas kontrol. Keberhasilan pembelajaran dengan metode kooperatif jigsaw dan konvensional dalam meningkatkan penguasaan materi sistem pencernaan makanan pada manusia diketahui dari kemampuan siswa mengerjakan tes hasil belajar sebanyak 20 soal berbentuk objektif dengan 4 opsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar. Mean dan standar deviasi untuk kelas eksperimen adalah 13.350 dan 2,887 sedangkan untuk kelas kontrol 11,275 dan 2,641. Analisis statistik mnunjukkan rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran kooperatif jigsaw lebih tinggi dari pada pembelajaran cara Indiside Outside. (thitung
PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN PENCEMARAN DAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA KARYA TANI AJAMU Halimah Sakdiah Boru Gultom
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2015
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v1i2.1221

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Brainstorming terhadap hasil belajar siswa pada pengajaran Pencemaran dan Perubahan Lingkungan di Kelas X SMA Karya Tani Ajamu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA Karya Tani Ajamu dengan jumlah keseluruhan adalah 3 kelas siswa dengan jumlah siswa sebanyak 104 orang. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X1 dan Kelas X2. Kelas X1 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang sebagai kelas eksperimen dan X2 dengan jumlah siswa 34 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Brainstorming memberi pengaruh yang besar dibandingan dengan metode konvensional terhadap hasil belajar biologi siswa di Kelas X SMA Karya Tani Ajamu terlihat dari perbedaan thitung dengan ttable yang menunjukkan bahwa thitung (5,43) ˃ ttable (1,997). Dengan demikian maka H0 yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh metode Brainstorming terhadap hasil belajar siswa ditolak dan Ha yang menyatakan bahwa terhadap pengaruh metode Brainstorming terhadap hasil belajar siswa diterima yaitu pada taraf signifikan 5%.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN PENERAPAN METODE EKSPOSITORI BERBASIS PETA PIKIRAN DAN PETA KONSEP PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DALAM KELESTARIAN EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BILAH HULU Siti Suharni
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2015
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v1i2.1226

Abstract

Tujuan penelitian ini dalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan penerapan metode ekspositori berbasis peta pikiran dan peta konsep pada kompetensi dalam ekosistem di Kelas VII SMP Negeri 3 Bilah Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 135 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII-1 dan VII-3, yang diambil secara acak kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen 1 dan Kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen 2. Setelah dilakukan pembelajaran, kedua kelas diberikan post-test yang bertujuan untuk mengukur hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan. Nilai rata-rata kelas yang menggunakan pendekatan pembelajaran dengan peta pikiran (Eksperimen 2) yaitu 64,75. Dengan menggunakan uji hipotesis dengan uji t dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan penerapan metode ekspositori berbasis peta pikiran dan peta konsep atau lebih tinggi hasil belajar siswa yang diajar dengan penerapan metode peta pikiran daripada peta konsep pada kompetensi dasar mengidentifikasi keanekaragaman makhluk hidup dalam kelestarian ekosistem di Kelas VII SMP Negeri 3 Bilah Hulu.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA METODE DISKUSI PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 24 KUALUH HULU KABUPATERN LABUHANBATU UTARA Novi Fitriandika Sari
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2015
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v1i2.1222

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi pada materi pokok sistem pernafasan manusis kelas VII SMP Muhammadiyah 24 Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar biologi siswa pada materi pokok sistem pernapasan manusia yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran diskusi (kelas eksperimen) yaitu kelas VIIA rata-rata sebesar 78,47 dengan standar deviasi 8,06. Sedangkan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol) yaitu VIIB rata-rata sebesar 70,11 dengan standar deviasi 8,22. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,695 > 2,00 sekaligus menyatakan terima Ha yang berarti terdapat pengaruh hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi. Dengan demikian model pembelajaran diskusi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 24 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara.
PENGARUH STRATEGI SMART TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUALUH HULU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA Maharani Gultom
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2015
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v1i2.1227

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh smart teaching terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII Negeri 2 Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Negeri 2 Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara yang berjumlah 112 siswa, dan diambil sampel sebanyak 75 orang yang dipilih secara claster random sampling dari tiga kelas VII yang ada di SMP Negeri 2 Kualuh Hulu, terdiri dari kelas VIII-A 40 Orang dan dari kelas VIII-B 35 Orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi smart teaching berpengaruh terhadap hasil belajar biologi. Hal ini terbukti dengan pengujian hipotesis yaitu rxy
PENGARUH PEMANFAATAN PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGRI 1 BILAH HULU AEK NABARA Risma Delima Harahap
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2015
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v1i2.1223

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah banyak dijumpai di sekolah-sekolah bahwa seorang guru masi mendominasi kegiatan pembelajaran,khususnya dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan ceramah, dan hal itu membatasi aktivitas belajar siswa sehingga siswa memiliki semangat belajar yang rendah, pasif, dan acuh, sehingga proses pembelajaran membosankan dan membuat prestasi siswa menurun. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen, dan instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yang berjumblah 10 soal essay. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bilah Hulu Aek Nabara, yang berjumbah 320 orang, dan sampel yang berjumblah 80 orang yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dalam penentuan kelas ini siswa diacak secara random. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa hasil belajar biologi pada kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan (pretest) dan rata-rata 35,38 dan simpangan baku 10,45 setelah diberi perlakuan (posttest) dan rata-rata 75,87 dan simpangan baku 7,75. Sedangkan kelas kontrol sebelum diberi perlakuan (prostes) dengan rata-rata 38,00 dan simpangan baku 11,97 setelah diberi perlakuan (posttest) dengan rata-rata 68,00 dan simpangan baku 9,66. Untuk pengujian hipotesis dilakukan uji t, dan diperoleh thitung = 3,26 dan ttabel= 2,021 dengan taraf nyata 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti, ada pengaruh pemanfaatan peta konsep terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem di kelas VII SMP Negeri 1 Bilah Hulu Aek Nabara.
KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DAN HUBUNGANNYA DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SMS AL-HIDAYAH BANDAR SELAMAT Roy Parsaulian
JURNAL PEMBELAJARAN DAN BIOLOGI NUKLEUS Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2015
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpbn.v1i2.1224

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Keterampilan Guru Mengelola Kelas dan Hubungannya Dengan Disiplin Belajar Siswa di SMA Al-Hidayah Bandar Selamat Medan Tahun 2014. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah Bagaimana keterampilan guru pendidikan biologi mengelola kelas di SMA Al-Hidayah Medan, bagaimana disiplin belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran pendidikan biologi di SMA Al-Hidayah Medan dan bagaimana hubungan keterampilan guru pendidikan biologi mengelola kelas dengan disiplin belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran pendidikan biologi di SMA Al-Hidayah Medan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Keterampilan guru mengelola kelas dapat dirata-ratakan dalam pengadministrasian dengan skor 21 dikatagorikan terampil, dalam bidang pengelolaan kelas skor rata-rata 18 dikatogorikan kurang terampil, serta dalam bidang pengaturan program PKBM dikatagorikan sangat terampil dengan skor 39,5. Pada disiplin belajar siswa tentang kehadiran siswa dengan persentase 75% dan tingkat disiplin yang terendah adalah mengenai kurangnya kewajiban atau kesadaran siswa menyelesaikan tugas dengan persentase 58%. Keteampilan guru mengelola kelas memiliki hubungan yang signifikan dengan disiplin belajar siswa, sebab berdasarkan pengujian hipotesa Ha diterima dan ho ditolak. Berdasarkan perhitungan Koefisien Kontingensi Chi Kuadrat lebih kecil dari Harga Kritik (X2 < HK).

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus July 2023 Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus March 2023 [IN PRESS] Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus November, 9(3) 2023 Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus November 2022 Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Juli 2022 Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2022 Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2021 Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2021 Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2020 Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2020 Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus September 2019 Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Maret 2019 Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2018 Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2018 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2017 Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2017 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2016 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2016 Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Agustus 2015 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus Februari 2015 More Issue